Tips Sederhana Agar Melahirkan Berjalan Lancar dan Normal

Bagi pengantin muda atau calon ibu muda proses melahirkan adalah peristiwa yang paling dinanti-nanti. Mendekati masa-masa melahirkan muncul berbagai perasaan seperti senang, cemas, dan takut. Berbagai cerita tentang rasa sakit saat melahirkan menjadi terror psikis tersendiri bagi ibu hamil.

            Agar calon ibu merasa lebih tenang. Di sini ini kami akan membagikan beberapa tips sederhana agar proses melahirkan dapat berjalan lebih lancar dan normal. Berikut beberapa tips yang akan kami bagikan :

1. Jaga Kesehatan

Konsumsilah makanan bergizi seimbang, minum susu ibu hamil, mengkonsumsi suplemen yang diberikan dokter kandungan dan cukup istirahat, namun jangan bermalas-malasan. Dengan menjaga kondisi tubuh tetap sehat, proses melahirkan akan berjalan lebih lancar dan cepat.

2. Siapkan Posisi Bayi

Ketika memasuki masa menjelang kehamilan. Mulailah mempersiapkan posisi bayi agar siap meluncur, yaitu dengan bagian kepala berada di bawah. Lakukan latihan seperti bersujud, sehingga posisi lutut lebih rendah daripada pantat dan membantu bayi turun.

3. Olah Raga Ringan

Jalan kaki setiap pagi merupakan olah raga yang ringan dan aman untuk ibu hamil. Hal ini sudah dibuktikan oleh orang-orang sejak zaman dahulu untuk memperlancar proses melahirkan.

4. Terapi Pijat

Terapi pijat dipercaya dapat mengurangi resiko kesulitan melahirkan. Namun ingat terapi ini harus dilakukan oleh terapis berpengalaman, serta dilakukan hanya pada bagian yang aman untuk ibu hamil seperti kaki, tangan, pundak dan leher. Serta lakukan pemijatan khusus untuk daerah kewanitaan Anda, yaitu daerah perineum, antara daerah kemaluan dengan anus. Hal ini berguna agar daerah tersebut lebih lentur dan siap untuk membuka dan meregang. Lakukan pijatan sebelum mandi dua kali sehari atau berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum melakukannya.

5. Berusahalah untuk Tetap Rileks

Mendengarkan musik klasik membantu Anda agar tetap rileks. Bagi Anda yang memiliki hoby berbelanja, membeli perlengkapan bayi pasti akan sangat menyenangkan sehingga dapat menghilangkan stress akan ketakutan rasa sakit saat melahirkan.

6. Tetap Aktif Meski Terjadi Kontraksi

Usahakan jangan langsung meringkuk di ranjang saat terjadi kontraksi. Jaga tubuh tetap tegak agar bayi turun dengan lancar dan mempercepat pembukaan.

7. Tambah Energi

Saat terjandi kontraksi tubuh semakin cepat kehilangan energi. Usahakan tetap makan dan minum saat ada jeda kontraksi. Hal ini penting agar saat proses melahirkan Anda tidak kehabisan energi.

8. Coba Tarik Nafas Panjang Saat Terjadi Kontraksi

Jangan bernafas tergesa-gesa dan pendek-pendek. Cobalah untuk menarik nafas panjang yang hembuskan perlahan. Teknik bernafas ini dapat mengurangi nyeri karena otot-otot lebih releks.

Ikuti Instruksi Dokter Dengan Baik Saat Proses Melahirkan

Ikuti dengan baik seluruh instruksi dari dokter. Mulai dari tarik nafas dalam-dalam, mengejang sambil menghembuskan nafas lalu istirahat dan ulangi kembali. Dengan mengejang efektif, dibutuhkan tidak lebih dari lima kali mengejang untuk melahirkan.

Rutin Berkonsultasi pada Dokter Kandungan

Rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan, memberikan jaminan agar Anda selalu tetap sehat dan siap menghadapi proses melahirkan.

Semoga tips yang kami berikan dapat membuat Anda lebih tenang dan tidak takut akan proses melahirkan. Selama Anda selalu menjaga kondisi tubuh Anda tetap baik, proses melahirkan akan berjalan lebih lancar dan normal.

2 Responses to Tips Sederhana Agar Melahirkan Berjalan Lancar dan Normal
  1. […] calon ibu merasa lebih tenang. Di sini ini kami akan membagikan beberapa tips sederhana agar proses melahirkan dapat berjalan lebih lancar dan normal. Berikut beberapa tips yang akan kami bagikan […]

  2. […] calon ibu merasa lebih tenang. Di sini ini kami akan membagikan beberapa tips sederhana agar proses melahirkan dapat berjalan lebih lancar dan normal. Berikut beberapa tips yang akan kami bagikan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>