Tips Menghindari Bayi Lahir Cacat

Mendengar tangisan sang buah hati untuk yang pertama adalah hal yang paling dinantikan setiap pasangan suami istri. Mencium kening dan menimang buah hati tercinta sudah pasti ingin segera dilakukan apalagi jika sang buah hati nampak sehat dan menggemaskan. Untuk itu sudah tentu banyak sekali yang ingin diketahui oleh ibu hamil terkait kehamilannya. Semua ibu hamil berharap janin yang dikandungnya sehat dan kelak ketika lahir tidak cacat atau menderita suatu kelainan.

Untuk menjawab rasa penasaran Anda. Dengan ini kami akan memberikan beberapa tips untuk menghindari bayi lahir cacat :

1. Hindari Mengkonsumsi Obat dan Bahan Kimia Tanpa Sepengetahuan Dokter

Sebagai ibu hamil, Anda harus benar-benar memperhatikan apakah obat yang Anda minum aman ataukah tidak. Jika Anda merasa sakit, usahakan segera memeriksakan diri dan kandungan Anda pada dokter kandungan. Jangan sembarangan membeli obat atau bahan kimia tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

2. Hindari Mengkonsumsi Gula Buatan atau Sejenisnya secara Berlebihan

Mengkonsumsi gula buatan secara berlebihan sangat tidak dianjurkan pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan gula buatan dapat menembus plasenta dan memasuki sirkulasi janin. Dengan demikian janin dapat beresiko menderita kanker kandung kemih akibat penimbunan gula buatan di dalam kandung kemihnya.

3. Jangan Merokok dan Minum Minuman Beralkohol

Merokok dapat menimbulkan banyak efek buruk bagi kehamilan seperti keguguran, kematian janin dalam kandungan, janin cacat, pertumbuhan janin terhambat, dan lain-lain sebagainya. Hal ini tidak hanya terjadi pada perokok aktif, tetapi juga bagi perokok pasif. Seperti halnya gula buatan, alkohol juga dapat menembus plasenta. Hal ini dapat menimbulkan kecacatan baik fisik maupun psikis.

4. Hindari Penggunaan Obat Anti Nyamuk secara Tidak Sehat

Penggunaan obat anti nyamuk secara tidak sehat seperti menggunakan obat anti nyamuk bakar sangat dekat dengan ibu hamil, menyemprotkan obat anti nyamuk dalam kamar tertutup saat akan tidur, dan lain-lain sangat tidak baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Hal ini dapat memicu kerusakan syaraf, ginjal dan sudah pasti tidak aman karena mengandung bahan kimia yang termasuk golongan pestisida.

Untuk itu disarankan untuk menghindari gigitan nyamuk secara tradisional, seperti menghilangkan sarangnya dengan cara rajin menguras bak mandi, mengubur barang-barang bekas yang dapat digunakan sebagai sarang, rajin membersihkan rumah, taruh tanaman pengusir nyamuk seperti lavender, serai, kayu putih dan lain-lain, memasang kasa disetiap ventilasi rumah dan masih banyak lagi cara aman menghindari gigitan nyamuk.

5. Perhatikan Nutrisi untuk Ibu Hamil

Sudah pasti kekurangan nutrisi dapat mengakibatkan janin tumbuh tidak optimal. Jadi pastikan nutrisi untuk ibu hamil seperti protein, karbohidrat, vitamin dan mineral terpenuhi dengan baik.

6. Hindari Ketegangan Emosional

Ketegangan emosional dapat menghambat pertumbuhan janin secara optimal. Stress yang berlebihan akan mengakibatkan janin tumbuh tidak normal. Selain itu jika gunjangan emosional terus terjadi juga dapat mempengaruhi perkembangan mental anak.

7. Jangan Stress Karena Terlalu Percaya Terhadap Takhayul

Terlalu mempercayai takhayul dapat menimbulkan ketakutan tersendiri jika secara tidak sengaja melakukannya. Ketakutan itu yang sebenarnya berpengaruh pada tumbuh kembang janin.

8. Hindari Sikap Penolakan Terhadap Janin

Apapun yang terjadi, anak adalah karunia yang tidak ternilai harganya. Menjaga kesehatan Anda dan kandungan Anda harus selalu Anda perhatikan dalam situasi sesulit apapun. Penolakan terhadap janin dapat menimbulkan peluang kecacatan perilaku pada anak.

Demikian beberapa tips untuk menghindari bayi lahir cacat. Semoga dapat menjawab rasa penasaran Anda.

6 Responses to Sepatu Hak Tinggi VS Kehamilan
  1. chandra dewi says:

    di situ di sebutkan jahe dpt mengurangi rasa mual.. saya sedang hamil muda,apa kah betul jahe tidak berbahaya utk kehamilan??

  2. Wida kartika says:

    Terima kasih atas informasi-informasi yang telah disediakan.dengan ini saya menjadi tau seputar kehamilan.

  3. najla syafwah says:

    Mks infonya bund

  4. santii says:

    makasih infonya sist.. :)

  5. fitri says:

    Saya hamil 7bln.boleh gak makan durian..pengen banget nih..lg musim durian..

  6. anick says:

    mksh info ny..
    ak br tau trnyata daun pepaya boleh dmkn u bumil. ak org jawa, n yg ak tau daun pepaya it dlarang u ibu hamil n bidan2 jg melarang katany bkin lengket ari2 dg kandungan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>