Tips Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil Muda

Kehamilan merupakan hal yang sangat luar biasa bagi seorang wanita, dan tentu saja merupakan sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu. Saat seorang wanita mengalami kehamilan khususnya untuk ibu-ibu muda yang baru pertama kali hamil pasti akan sangat bahagia. Akan tetapi seringkali kebahagiaan ini harus sedikit terganggu oleh beberapa “gejala” fisik yang dialami oleh ibu hamil.

Salah satu yang sering dialami oleh kebanyakan wanita yang tengah hamil muda adalah rasa mual. Intensitas rasa mual ini bervariasi pada berbagai wanita, ada yang tidak terlalu merasakannya dan ada juga yang merasakan rasa mual tersebut sangat parah, dalam arti rasa mual tersebut sering terjadi dan disertai muntah. Bahkan bisa membuat tubuh terasa lemas jika sering muntah.

Pada sebagian besar ibu hamil rasa mual ini lebih sering terjadi pada pagi hari, sehingga sering disebut dengan istilah morning sickness. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi rasa mual saat hamil muda :

- Jangan makan dengan porsi banyak sekaligus. Akan lebih baik jika ibu hamil makan berkali-kali sehari tetapi dengan porsi yang sedikit.

- Masukkan makanan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Selain nasi Anda bisa menambahkan kentang, biskuit, roti serta tahu dan tempe untuk asupan protein nabati.

- Saat Anda bangun tidur di pagi hari, sebisa mungkin usahakan agar Anda tidak langsung bangun secara mendadak, hal ini akan memicu terjadinya rasa mual. Duduklah sebentar sebelum Anda beranjak dari tempat tidur. Sedangkan jika Anda merasa sangat mual, Anda bisa mengkonsumsi biskuit atau makanan berkarbohidrat lainnya untuk mengatasi rasa mual tersebut.

- Jangan memakan makanan yang terlalu berminyak dan pedas, karena itu akan memperparah rasa mual saat hamil muda.

- Minumlah air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi karena rasa mual yang diikuti dengan muntah. Anda juga bisa meminum jus buah segar untuk mengembalikan energi tubuh Anda.

- Hindari miuman yang mengandung kafein dan minuman berkarbonasi

- Anda bisa mengkonsumsi vitamin B6 setelah sebelumnya berkonsultasi dengan dokter. Vitamin B6 cukup efektif untuk mengatasi rasa mual saat hamil muda.

- Untuk yang lebih tradisional Anda bisa mengkonsumsi jahe untuk mengurangi rasa mual. Bisa langsung dimakan dengan gula, dibuat minuman hangat, atau bisa juga dalam bentuk permen jahe. Rasa jahe yang hangat akan mengurangi rasa mual. Di samping itu juga aman untuk ibu hamil dan juga janin.

Demikian beberapa tips untuk mengatasi rasa mual saat hamil muda. Semoga kehamilan Anda tidak terganggu dengan morning sickness. :)

3 Responses to Saya Bangga menjadi Seorang Perempuan
  1. jenk asmitea says:

    Mksh y,,,tips nya sangat berguna sekali buat aku.

  2. Tari says:

    Saya baru tahu bahwa saya hamil ketika saya telah seminggu, dan ketika saya cek dengan testpack ternyata saya hamil, dan untuk lebih meyakinkan, saya ke bidan, dan kata bidan saya positif hamil, dan usia kehamilan saya 5 minggu. Saya langsung teringan bahwa 2 mnggu sebelumnya saya melakukan medical cek up, yaitu salah satunya adalah rontgen thorax, saya langsung khawatir sama janin saya, karena banyak yg bilang sinar x dapat membuat bayi cacat. Apakah benar sinar x yg saya lakukan pd saat janin berumur 3 mnggu akan bepengaruh kecacatan? Dan kalo iya adakah pencegahan atau obat yg harus saya konsumsi untuk membuat janin saya tidak cacat? Terima kasih atas perhatiannya

  3. Tari says:

    Saya baru tahu bahwa saya hamil ketika saya telat seminggu untuk menstruasi, dan ketika saya cek dengan testpack ternyata saya hamil, dan untuk lebih meyakinkan, saya ke bidan, dan kata bidan saya positif hamil, dan usia kehamilan saya 5 minggu. Saya langsung teringat bahwa 2 minggu sebelumnya saya melakukan medical cek up, yaitu salah satunya adalah rontgen thorax, saya langsung khawatir sama janin saya, karena banyak yg bilang sinar x dapat membuat bayi cacat. Apakah benar sinar x yg saya lakukan pd saat janin berumur 3 mnggu akan bepengaruh kecacatan? Dan kalo iya adakah pencegahan atau obat yg harus saya konsumsi untuk membuat janin saya tidak cacat? Terima kasih atas perhatiannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>