Tips Mempersiapkan ASI Sebelum Melahirkan

Menyusui adalah proses alamiah yang terjadi pada wanita. Untuk hasil yang maksimal, perlu ada persiapan bahkan sejak bayi masih dalam kandungan. Persiapan menyusui sejak masa kehamilan ini sangat penting karena lancarnya awal menyusui akan membuat ibu percaya diri dan membuat proses menyusui makin mudah.

Berikut ini kami berikan beberapa tips mempersiapkan ASI selama masa kehamilan. Tips ini sangat penting, mengingat ASI adalah makanan pokok bayi yang baru lahir sehingga harus dipersiapkan sedini mungkin. Untuk itu simaklah tips-tips berikut ini :

1. Perhatikan Nutrisi Selama Masa Kehamilan

Tips yang satu ini nampaknya selalu ada di berbagai tips terkait ibu hamil. Hal ini dikarenakan memang tidak dapat dipungkiri nutrisi yang masuk ke dalam tubuh merupakan faktor penting untuk meningkatkan kesehatan ibu dan janin serta memberikan dampak positif dalam produksi ASI.

2. Banyak Minum Air Putih

Hal ini dilakukan agar Anda tidak kekurangan cairan saat menyusui untuk kali pertama. Selain itu minum air putih sangat baik untuk kesehatan.

3. Mengonsumsi Makanan yang Dipercaya Dapat Meningkatkan Produksi ASI

Daun katuk adalah salah satu makanan yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI.  Kandungan nutrisinya pun cukup lengkap mulai dari protein, vitamin A, C, E, B1, mineral kalium, zat besi dan fosfor. Selain daun katuk, bayam, kangkung, salmon juga baik untuk merangsang produksi ASI.

4. Melakukan Terapi Pijat Payudara

Memasuki trimester terakhir yaitu usia kandungan sekitar enam bulan keatas, mulailah untuk rajin melakukan terapi pijat payudara minimal dua kali sehari yaitu ketika mandi. Gunakan baby oil untuk memijat. Lakukan gerakan melingkar ke arah luar dari bawah ke atas untuk masing-masing payudara. Jangan terlalu keras melakukan pijatan. Setelah itu, kompres dengan air hangat. Hal ini untuk merangsang keluarnya ASI.

5. Rajin Membersihkan Puting Payudara

Puting payudara yang kotor dapat menyumbat jalan keluarnya ASI. Bersihkan puting payudara dengan cairan yang aman seperti minyak kelapa atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

6. Jangan Menggunakan BH yang Terlalu Ketat

Hal ini sudah pasti tidak baik, karena dapat menghambat pertumbuhan payudara dan mengganggu produksi ASI. Gunakan BH yang berfungsi menopang payudara dan tidak menyakiti.

7. Percaya Diri

Percaya bahwa Anda bisa memberikan ASI. Hal ini penting agar Anda tidak stress. Stress selain memberikan dampak buruk bagi Anda dan janin, stress juga akan mengganggu produksi ASI.

            Demikian beberapa tips agar Anda bisa lancar memberikan ASI eksklusif untuk buah hati Anda. Mempersiapkan ASI sejak dini tentu sangat bermanfaat.

7 Responses to Terapi Pijat Bagi Ibu Hamil
  1. dewi says:

    artikelnya sangat bermanfaat

  2. suplemen fitness dan kesehatan says:

    apakah adda makanan yg membantu kelahiran??

  3. Wilda husna says:

    Telur ayam kampung yg mentah boleh d konsumsi ma ibu hamil ga ??
    Ibu2 dsni bnyak yg nganjurkn mkn telur ayam kampung mentah

  4. Endah says:

    Boleh gak sih masa hamil muda makan makanan yg pedas, sya tengah hamil muda dan mengonsumi makanan pedas kesukaan sya,rasanya gk seger kalo gk pedas. Kira2 ada pengaruh gak dengan tumbuh kembang janin??? Mohon sarannya

  5. Batik says:

    Setelah membaca bisa lebih menyadari, dan terima kasih karena telah menginspirasi.

  6. himalaya.tk says:

    Thanks info nya. Sangat membantu…

  7. adia bunga says:

    =)=)Tips nya sangat bermanfaat, sekedar share saja, konsumsi beras organik juga menyehatkan loh, daripada kita konsumsi beras biasa yg kadang dipoles dengan pemutih dan bisa gerkontaminasi logam, lebih baik beras organik, tapi ygasli yah sis,
    Organiknya mereka asli krn ada sertifikatnya dan terjamin keasliannya, jadi aman dikonsumsi, selamat hidup sehat ya ibu hamil :D:D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>