Terapi Pijat Bagi Ibu Hamil

Terapi pijat ibu hamil adalah metode pengobatan yang sudah diyakini dapat menghilangkan rasa lelah, kekakuan otot, menyegarkan tubuh, serta dapat mengurangi rasa stress. Pada ibu hamil, terapi pijat sangat bermanfaat. Ibu hamil sering mengeluh sakit punggung, pegal-pegal, dan rasa kaku otot. Untuk mengurangi keluhan tersebut ibu boleh dipijat. Melakukan terapi pijat pada masa pra melahirkan dapat bermanfaat untuk mengurangi gejala-gejala depresi, ketakutan dan kegelisahan menghadapi proses melahirkan.

Tetapi tahukah Anda tidak semua bagian tubuh ibu hamil boleh dipijat? Berikut ini beberapa syarat yang harus diketahui sebelum melakukan terapi pijat :

1. Kehamilan Tidak Bermasalah

Pada ibu hamil yang mengalami gangguan pada kehamilan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum melakukan terapi pijat.

2. Bagian Tubuh yang Tidak Boleh Dipijat

Pemijatan sebaiknya tidak dilakukan di bagian perut, pinggul, pinggang dan punggung bagian bawah. Tangan, kaki serta leher adalah bagian yang aman untuk dipijat bagi ibu hamil.

3. Dilakukan Oleh Terapis Profesional

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kontraksi rahim lebih awal sebaiknya terlebih dahulu Anda mencari info untuk memastikan apakah terapis yang Anda kunjungi sudah berpengalaman ataukah amatiran. Jangan biarkan hal buruk menimpa Anda dan buah hati Anda karena kesalahan memilih terapis pijat.

4. Sesuaikan dengan Usia Kandungan

Sebaiknya terapi pijat tidak dilakukan di usia kandungan muda. Lakukan terapi pijat di usia kandungan lima bulan ke atas, dimana memang biasanya ibu hamil mulai merasakan sangat lelah karena bebannya yang mulai berat.

5. Pemijatan Sendiri

Jika Anda atau pasangan Anda ingin melakukan pemijatan sendiri, sebaiknya bukan pijat dengan tekanan yang kuat, melainkan sekedar untuk merelaksasi dan mengurangi rasa sakit. Usapan atau elusan sudah cukup untuk membuat ibu hamil merasa rileks.

Demikian beberapa syarat yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan terapi pijat. Terapi pijat menjelang masa pra melahirkan dipercaya dapat mengurangi kesulitan-kesulitan selama proses melahirkan. Lakukan terapi pijat dengan periode yang teratur tentu sangat bermanfaat.

3 Responses to Tips Mudah Agar Anak Pandai Sejak Dalam Kandungan
  1. Astri says:

    Kalau posisi tidur yg baik buat ibu hamil tu sebaiknya posisi yg bagaimana ?

  2. Tari says:

    Saya baru tahu bahwa saya hamil ketika saya telat seminggu untuk menstruasi, dan ketika saya cek dengan testpack ternyata saya hamil, dan untuk lebih meyakinkan, saya ke bidan, dan kata bidan saya positif hamil, dan usia kehamilan saya 5 minggu. Saya langsung teringat bahwa 2 minggu sebelumnya saya melakukan medical cek up, yaitu salah satunya adalah rontgen thorax, saya langsung khawatir sama janin saya, karena banyak yg bilang sinar x dapat membuat bayi cacat. Apakah benar sinar x yg saya lakukan pd saat janin berumur 3 mnggu akan bepengaruh kecacatan? Dan kalo iya adakah pencegahan atau obat yg harus saya konsumsi untuk membuat janin saya tidak cacat? Terima kasih atas perhatiannya

  3. empy yuliana says:

    thank’z buat tipsx z. smoga persalinan q yg pertama nanti lancar. amien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>