Terapi Pijat Bagi Ibu Hamil

Terapi pijat ibu hamil adalah metode pengobatan yang sudah diyakini dapat menghilangkan rasa lelah, kekakuan otot, menyegarkan tubuh, serta dapat mengurangi rasa stress. Pada ibu hamil, terapi pijat sangat bermanfaat. Ibu hamil sering mengeluh sakit punggung, pegal-pegal, dan rasa kaku otot. Untuk mengurangi keluhan tersebut ibu boleh dipijat. Melakukan terapi pijat pada masa pra melahirkan dapat bermanfaat untuk mengurangi gejala-gejala depresi, ketakutan dan kegelisahan menghadapi proses melahirkan.

Tetapi tahukah Anda tidak semua bagian tubuh ibu hamil boleh dipijat? Berikut ini beberapa syarat yang harus diketahui sebelum melakukan terapi pijat :

1. Kehamilan Tidak Bermasalah

Pada ibu hamil yang mengalami gangguan pada kehamilan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum melakukan terapi pijat.

2. Bagian Tubuh yang Tidak Boleh Dipijat

Pemijatan sebaiknya tidak dilakukan di bagian perut, pinggul, pinggang dan punggung bagian bawah. Tangan, kaki serta leher adalah bagian yang aman untuk dipijat bagi ibu hamil.

3. Dilakukan Oleh Terapis Profesional

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kontraksi rahim lebih awal sebaiknya terlebih dahulu Anda mencari info untuk memastikan apakah terapis yang Anda kunjungi sudah berpengalaman ataukah amatiran. Jangan biarkan hal buruk menimpa Anda dan buah hati Anda karena kesalahan memilih terapis pijat.

4. Sesuaikan dengan Usia Kandungan

Sebaiknya terapi pijat tidak dilakukan di usia kandungan muda. Lakukan terapi pijat di usia kandungan lima bulan ke atas, dimana memang biasanya ibu hamil mulai merasakan sangat lelah karena bebannya yang mulai berat.

5. Pemijatan Sendiri

Jika Anda atau pasangan Anda ingin melakukan pemijatan sendiri, sebaiknya bukan pijat dengan tekanan yang kuat, melainkan sekedar untuk merelaksasi dan mengurangi rasa sakit. Usapan atau elusan sudah cukup untuk membuat ibu hamil merasa rileks.

Demikian beberapa syarat yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan terapi pijat. Terapi pijat menjelang masa pra melahirkan dipercaya dapat mengurangi kesulitan-kesulitan selama proses melahirkan. Lakukan terapi pijat dengan periode yang teratur tentu sangat bermanfaat.

7 Responses to Terapi Pijat Bagi Ibu Hamil
  1. dewi says:

    artikelnya sangat bermanfaat

  2. suplemen fitness dan kesehatan says:

    apakah adda makanan yg membantu kelahiran??

  3. Wilda husna says:

    Telur ayam kampung yg mentah boleh d konsumsi ma ibu hamil ga ??
    Ibu2 dsni bnyak yg nganjurkn mkn telur ayam kampung mentah

  4. Endah says:

    Boleh gak sih masa hamil muda makan makanan yg pedas, sya tengah hamil muda dan mengonsumi makanan pedas kesukaan sya,rasanya gk seger kalo gk pedas. Kira2 ada pengaruh gak dengan tumbuh kembang janin??? Mohon sarannya

  5. Batik says:

    Setelah membaca bisa lebih menyadari, dan terima kasih karena telah menginspirasi.

  6. himalaya.tk says:

    Thanks info nya. Sangat membantu…

  7. adia bunga says:

    =)=)Tips nya sangat bermanfaat, sekedar share saja, konsumsi beras organik juga menyehatkan loh, daripada kita konsumsi beras biasa yg kadang dipoles dengan pemutih dan bisa gerkontaminasi logam, lebih baik beras organik, tapi ygasli yah sis,
    Organiknya mereka asli krn ada sertifikatnya dan terjamin keasliannya, jadi aman dikonsumsi, selamat hidup sehat ya ibu hamil :D:D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>