Makanan yang Dianjurkan dan Dilarang untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memang tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan demi kesehatan ibu dan bayi yang dikandung. Ada makanan yang boleh dikonsumsi bahkan dianjurkan untuk ibu hamil dan ada pula yang dilarang.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa makanan yang dianjurkan dan dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah sebagai berikut :

Makanan yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

1. Telur

Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, telur juga mengandung banyak protein berkualitas. Sebagai wanita hamil, Anda membutuhkan protein tersendiri. Telur juga kaya akan kolin yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan otak bayi, serta mencegah cacat tabung syaraf. Selain itu, telur juga mengandung lemak omega-3 yang penting untuk otak dan penglihatan bayi. Telur tinggi akan kolesterol, namun juga relatif memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. Bagi wanita sehat dengan kolesterol darah normal dapat mengkonsumsi satu sampai dua telur setiap hari.

2. Ikan Salmon

Seperti halnya telur, ikan salmon juga mengandung banyak protein berkualitas. Ikan salmon juga mengandung omega-3. Dibandingkan ikan jenis lain, ikan salmon memiliki jumlah mercury yang lebih rendah. Hal ini menghindari dari bahaya mercury dalam proses perkembangan system syaraf bayi. Untuk menghindari bahaya mercury sebaiknya mengkonsumsi ikan salmon dengan batasan 12 ons per minggu.

3. Kacang

Manfaat kacang untuk ibu hamil sudah tidak diragukan lagi. Ada begitu banyak jenis kacang, buncis adalah salah satu pilihan terbaik untuk ibu hamil. Buncis mengandung protein dan serat yang paling banyak dibandingkan dengan sayuran. Protein pasti sangat penting untuk pertumbuhan janin, namun serat memiliki peran yang tidak kalah penting. Selama masa kehamilan ibu lebih sering mengalami gangguan pencernaan, seperti saluran pencernaan melambat. Hal ini dapat menyebabkan sembelit bahkan wasir. Untuk itu mengonsumsi makanan yang mengandung serat dapat mengurangi resiko Anda terkena sembelit dan wasir. Kacang juga merupakan sumber zat besi, folat, kalsium dan seng.

4. Sayur dan Buah-buahan

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral. Untuk itu, ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Namun juga tidak terlalu berlebihan. Sebagai contoh sayuran dan buah-buahan yang baik untuk ibu hamil adalah bayam, daun pepaya, daun katuk, apel, jeruk dan lain-lain.

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

1. Daging Mentah atau Daging yang Diolah Kurang Baik

Daging baik untuk kesehatan. Namun jika cara pengolahannya kurang baik, daging justru menjadi sumber penyakit bagi tubuh karena daging dapat membawa bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

2. Keju Lunak dan Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Keju lunak dan susu yang tidak dipasteurisasi lebih rawan mengandung bakteri listeria yang sangat tidak aman untuk ibu hamil.

3. Makanan yang Terkontaminasi Logam Berat

Kerang dicurigai mengandung banyak logam berat. Hal ini tentu sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan. Selain itu ikan-ikan seperti ikan tuna steak, ikan sea bass, ikan hiu dan ikan-ikan lain yang berukuran besar mengandung banyak mercury.

4. Telur Mentah

Telur mentah mengandung salmonella yang dapat memberikan dampak seperti diare, mual, kram perut, sakit kepala dan muntah-muntah.

5. Alkohol

Alkohol dapat mengakibatkan kecacatan pada janin.

6. Sayuran dan Buah-buahan yang Tidak Dicuci

Sayuran dan buah-buahan yang tidak dicuci biasanya mengandung pestisida.

7. Makanan Kaleng

Makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna dan penyedap tidak aman untuk ibu hamil. Hindari makan makanan kaleng, mie instan dan makanan lain yang mengandung bahan kimia yang berbahaya.

8. Makanan yang Mengandung Gula Buatan

Hindari makanan yang mengandung gula buatan seperti biscuit, permen, soft drink. Gula buatan selain meningkatkan resiko obesitas juga dapat mengakibatkan kerusakan gigi, diabetes dan lain-lain.

9. Makanan Ringan yang Mengandung Banyak Lemak

Jika Anda ingin mengemil, lebih baik Anda mengkonsumsi makanan ringan yang rendah lemak seperti jagung bakar atau rebus, yogurt atau menggantinya dengan makan buah-buahan.

10. Makanan yang Mengandung Kafein

Kurangi minum kopi atau teh ( tidak lebih dari dua cangkir sehari ). Hal ini dikarenakan kafein dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan kurang bahkan keguguran. Selain itu tannin dalam teh dapat mengurangi penyerapan zat besi yang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil.

11. Makanan Diet Rendah Karbohidrat

Untuk menjaga penampilan agar tetap menarik, masih saja ada ibu hamil yang mengurangi asupan karbohidrat. Hal ini sudah tentu tidak boleh dilakukan karena janin dalam kandungan membutuhkan gizi yang cukup.

Selalu perhatikan asupan nutrisi untuk kesehatan ibu dan janin. Semoga kehamilan Anda berjalan lancar dan lebih sehat.

6 Responses to Sepatu Hak Tinggi VS Kehamilan
  1. chandra dewi says:

    di situ di sebutkan jahe dpt mengurangi rasa mual.. saya sedang hamil muda,apa kah betul jahe tidak berbahaya utk kehamilan??

  2. Wida kartika says:

    Terima kasih atas informasi-informasi yang telah disediakan.dengan ini saya menjadi tau seputar kehamilan.

  3. najla syafwah says:

    Mks infonya bund

  4. santii says:

    makasih infonya sist.. :)

  5. fitri says:

    Saya hamil 7bln.boleh gak makan durian..pengen banget nih..lg musim durian..

  6. anick says:

    mksh info ny..
    ak br tau trnyata daun pepaya boleh dmkn u bumil. ak org jawa, n yg ak tau daun pepaya it dlarang u ibu hamil n bidan2 jg melarang katany bkin lengket ari2 dg kandungan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>