5 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah saat yang paling ditunggu oleh sebagian besar wanita yang nantinya akan menjadi ibu. Para calon ibu ini tentu saja sebisa mungkin akan berusaha untuk selalu menjaga kehamilannya agar tetap sehat. Berbagai cara pun dilakukan, termasuk dengan sering mencari informasi yang berkaitan dengan kesehatan kehamilan. Betapa berharganya masa kehamilan bagi soerang ibu, sehingga informasi yang didapat pun juga harus akurat, bukan hanya sekedar mitos.

Berikut ini kami berikan beberapa tips yang pasti sangat bermanfaat bagi calon ibu yang sedang bahagia menjalani masa kehamilannya. Tips untuk kesehatan ibu hamil ini tidak hanya bermanfaat untuk calon ibu, akan tetapi juga bermanfaat bagi bayi dalam kandungan. Silahkan Anda simak tips-tips berikut ini:

1. Mengontrol kehamilan secara rutin ke dokter kandungan

Minimal Anda satu bulan sekali mengontrol kandungan Anda ke dokter. Hal ini untuk memastikan kesehatan calon ibu dan juga janin. Jika belum waktunya Anda kontrol kembali akan tetapi Anda merasakan ada sesuatu yang aneh dengan kandungan Anda, maka sesegera mungkin untuk memeriksakannya ke dokter.

2. Banyak mengkonsumsi air putih

Kebutuhan air putih bagi ibu hamil cenderung meningkat karena air putih dibutuhkan untuk menyalurkan nutrisi ke dalam janin. Konsumsi air putih yang cukup pada ibu hamil juga bisa menghindarkan terjadinya kelahiran prematur. Selain itu dengan mongkonsumsi cukup air putih akan menghindari terjadinya dehidrasi saat ibu hamil mengalami rasa mual saat hamil muda yang disertasi dengan muntah.

3. Perhatikan kebutuhan gizi

Pemenuhan kebutuhan gizi tentu saja merupakan faktor mutlak bagi ibu hamil. Hal ini karena pertumbuhan janin memerlukan nutrisi dan zat gizi yang lebih banyak dibandingkan saat diluar masa kehamilan. Misalnya untuk kebutuhan kalori biasanya pada ibu hamil meningkat sebanyak 300 kalori. Minum susu yg diformulasikan khusus untuk ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan gizi dan nutrisi pada calon ibu dan janin.

4. Beristirahatlah yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga agar tidak kelelahan. Karena kelelahan ini akan memicu timbulnya stress pada ibu hamil, yang bisa berdampak pada kehamilannya. Jangan tidur terlalu malam agar bisa bangun lebih bagi, yang tentunya akan lebih sehat bagi Anda dan janin.

5. Usahakan untuk selalu berfikir positif

Banyak ibu hamil yang merasa minder karena perubahan fisiknya saat hamil, hal ini tentu saja sangat berpengaruh secara psikologis. Bisa juga berdampak fisik jika rasa tersebut juga mempengaruhi pola makan ibu hamil. Akan lebih baik jika Anda selalu berfikir positif, merasa diri Anda tetap cantik, yang tentu saja akan berpengaruh pada keseharian Anda melewati masa kehamilan.

3 Responses to Saya Bangga menjadi Seorang Perempuan
  1. jenk asmitea says:

    Mksh y,,,tips nya sangat berguna sekali buat aku.

  2. Tari says:

    Saya baru tahu bahwa saya hamil ketika saya telah seminggu, dan ketika saya cek dengan testpack ternyata saya hamil, dan untuk lebih meyakinkan, saya ke bidan, dan kata bidan saya positif hamil, dan usia kehamilan saya 5 minggu. Saya langsung teringan bahwa 2 mnggu sebelumnya saya melakukan medical cek up, yaitu salah satunya adalah rontgen thorax, saya langsung khawatir sama janin saya, karena banyak yg bilang sinar x dapat membuat bayi cacat. Apakah benar sinar x yg saya lakukan pd saat janin berumur 3 mnggu akan bepengaruh kecacatan? Dan kalo iya adakah pencegahan atau obat yg harus saya konsumsi untuk membuat janin saya tidak cacat? Terima kasih atas perhatiannya

  3. Tari says:

    Saya baru tahu bahwa saya hamil ketika saya telat seminggu untuk menstruasi, dan ketika saya cek dengan testpack ternyata saya hamil, dan untuk lebih meyakinkan, saya ke bidan, dan kata bidan saya positif hamil, dan usia kehamilan saya 5 minggu. Saya langsung teringat bahwa 2 minggu sebelumnya saya melakukan medical cek up, yaitu salah satunya adalah rontgen thorax, saya langsung khawatir sama janin saya, karena banyak yg bilang sinar x dapat membuat bayi cacat. Apakah benar sinar x yg saya lakukan pd saat janin berumur 3 mnggu akan bepengaruh kecacatan? Dan kalo iya adakah pencegahan atau obat yg harus saya konsumsi untuk membuat janin saya tidak cacat? Terima kasih atas perhatiannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>